Ini Jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2019, Persipkan Diri Dari Sekarang

0 Komentar
Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru 2019

Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru 2019. (img: doc/newsline.id)

NEWSLINE.ID – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh wilayah Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis.

Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Tahun ini Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui beberapa jalur seleksi diantaranya: (a) Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. (b) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Berikut ini adalah Jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019 antara lain sebagai berikut:

(1) Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan dimulai pada tanggal 4 – 25 Januari 2019.

(2) Pendaftaran SNMPTN akan dimuali pada tanggal 4 – 14 Februari 2019.

(3) Sedangkan Pengumuman Hasil Seleksi akan diumumkan pada tanggal 23 Maret 2019.

(4) Adapun pendaftaran ulang peserta yamg lulus SNMPTN bisa dilihat pada laman PTN masing-masing.

Untuk mengetahui informasi pendaftaran Mahasiswa Baru secara lengkap, dapat mengakses laman resmi LTMPT di: http://www.ltmpt.ac.id atau Ristekdikti di: http://snmptn.ac.id/

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan memperbanyak belajar agar bisa masuk ke perguruan tinggi impian.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar