Spesifikasi APK KPU Diduga Tidak Sesuai PKPU

0 Komentar
Ilustrasi Komisi Pemiliha Umum (KPU). (int)

Ilustrasi Komisi Pemiliha Umum (KPU). (int)

PALOPO, NEWSLINE.ID- Pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) Komisi Pemiliha Umum (KPU) Palopo diduga tidak sesuai dengan speksifikasi yang telah ditentukan KPU RI.

Pasalnya, APK yang digunakan KPU Palopo diduga menggunakan spesifikasi Vinyl 280 Gram, yang tidak sesuai dengan speksifikasi yang ditentukan KPU RI yakni, minimal vinyl 340 Gram maksimal 440 Gram.

Hal tersebut ddiperkuat saat dilakukan pembanding APK yang di gunakan oleh KPU.

Disalah satu percetakan yang ada di Palopo mengatakan jika bahan yang digunakan bukanlah 360 Gram melainkan 280 Gram.

“Itu bahannya 280 Gram bukan 360 Gram. Kalau 360 Gram itu dia tebal,” pungkas pemilik percetakan yang enggan disebutkan namanya.

Ia menyubutkan jika harga bisa saja sama yang dilaporkan tetapi spesifikasi yang digunakan bisa saja tidak sesuai aturan yang ada.

BACA JUGA: Dua TPS Bertambah, KPU Palopo Kekurangan Kotak Dan Bilik Suara

Semenyara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di KPU Palopo, Agus saat dikonfirmasi membantah jika menggunakan bahan vinyl 280 gram pada APK yang disebar di sejumlah titik di Palopo.

“Masalah speksifikasi APK saya tidak tahu. Yang jelasnya saya meminta ke percetakan di Makassar untuk menggunakan vinyl 360 Gram untuk APK,” kata Agus, Jumat (8/2/2019).

Ia mengaku tidak terlalu paham soal bahan vinyl yang dipergunakan untuk APK.

“Kalau kami tinggal terima saja,” ungkap Agus.

Diketahui, Sesuai dengan surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI), nomor 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang petunjuk teknis fasilitas metode kampanye dalam pemilihan umum tahun 2019, Bab II, pelaksanaan fasilitas metode kampanye.

Penulis : Herianto
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar