Tuntut UMK Layak, Serikat Buruh dan Mahasiswa Boikot PT Meratus

0 Komentar

Serikat buruh dan mahasiswa yang tergabung dari beberapa elemen melakukan aksi unjuk rasa di Kantor PT. Meratus, samping jalan tol Ir. Sutami, Sabtu,1/12/2018.

MAKASSAR, NEWSLINE.ID – Serikat buruh dan mahasiswa yang tergabung dari beberapa elemen melakukan aksi unjuk rasa di Kantor PT. Meratus, samping jalan tol Ir. Sutami, Sabtu,1/12/2018.

Pasalnya, sebanyak 37 buruh pekerja diperusahan tersebut di PHK sepihak. hal itu membuat Serikat buruh dan mahasiswa kembali melancarkan aksi unjuk rasa dengan memboikot mobil kontainer perusahaan PT. Surya Inti Prestasi sampai tuntutan buruh terpenuhi.

Sebelumnya, para buruh tersebut meminta kenaikan gaji, dimana menurut buruh tersebut upah yang diberikan sebanyak Rp. 875.000, jauh dari tandar Upah Minimum Kota (UMK) Makassar, hal itu bertentangan dengan Pasal 90 jo. 185 Undang Undang No.13 Tahun 2003 tntang UMK Makassar itu ebnyk 2.772.000.

Jenderal Lapangan, Akbar Haruna mengungkapkan, bahwa apa yang diterapkan oleh perusahan tersebut jelas melanggar UU Ketagakejaan dimana, tindakan tindakan tersebut jelas melawan hukum. belum lagi, kata akbar, tindakan pembrangusan serikat oleh pihak perusahaan dinilai melanggar Pasal 28 jo. Pasal 43 UU No. 21 Tahun 2000 yang mengatur tentang hak buruh untuk berserikat.

Untuk itu, AKbar Haruna akan menindak lanjuti hal tersebut, jika pihak perusahaan tidak segera menyelesaikan kasus ini. “kami akan menindak lanjuti kasus ini jika permintaan buruh tidak terpnuhi, kami juga akan membawa lebih banyak massa lagi jika tidak digubris dan sebaiknya ditutup saja,” tegas Akbar.

Penulis : Thamrin Latief
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar