Dikira Lumba-lumba, Paus Orca Jadi Tontonan Warga Pantai Inobonto

0 Komentar

Sulut,Newsline.id- Penemuan ikan Paus Orca sontak gegerkan warga Kelurahan Inobonto 1, Bolmong, Sulawesi Utara, Rabu (24/6/2020).

Pasalnya, Ikan yang berdiameter panjang sekitar 2 meter ini ditemukan pertama kali oleh warga yang sedang berenang dipesisir Pantai Inobonto.

Menurut warga, fenomena ini sangat langka dimana hal ini baru pertama kali terjadi di kelurahan mereka.

Meski begitu, warga yang melihat ikan paus itu terus berusaha mengembalikan ke tengah laut. Akan tetapi, ikan tersebut terus saja berputar-putar di tepian.

Tampak ikan yang dikatakan Lumba-lumba tersebut seketika menjadi hiburan warga sekitar yang sedang berada di pantai Inobonto.

Mereka berebutan dan memeluk ikan tersebut, adapula yang nekat lompat hanya untuk berselfie dengan ikan paus itu.

“Selama ini baru sekarang ada lumba-lumba yang terdampar di Inobinto,”ungkap Warga setempat, Li, dikutip Kroniktotabuan.com.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Dr.Ir. Suria Darwisito, MSc membeber, ikan tersebut bukan lumba-lumba melainkan paus orca atau paus pembunuh.

“Dari ciri-cirinya itu paus orca,”katanya dikutip dari Tribunmenado.co.id.

Dirinya menjelaskan bahwa kemunculan Paus Orca adalah sebuah fenomena unik. Untuk pertama kalinya paus pembunuh terdampar di Sulut.

“Ikan tersebut biasanya hidup di daerah empat iklim, bukan di iklim tropis,” ungkapnya.

Dari sumber menyebutkan bahwa Paus Pembunuh, Seguni, atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba.

paus ini tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena ukurannya yang sangat besar dibanding lumba-lumba lain, banyak yang menyebutnya sebagai paus.

Paus orca ini juga diketahui memiliki kecerdasan yang tinggi.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar