Tiket Penerbangan Domestik Mahal, 72 Ribu Orang Mengeluh

1 Komentar
Ilustrasi pesawat domestik.

Ilustrasi pesawat domestik.(int)

NEWSLINE.ID – Melalui situs web change.org beberapa hari yang lalu ramai diberitakan beredarnya petisi mengenai permintaan diturunkannya harga tiket penerbangan pesawat domestik.

Petisi yang beredar ada dua yang masing masing menyoroti mahalnya harga tiket penerbangan domestik yang ditujukan kepada Kementerian Perhubungan.

Petisi pertama berjudul ‘Turunkan Harga Tiket Domestik’ yang dimulai oleh Nadya Wulandari ditulis berdasarkan rasa kagetnya melihat harga tiket Jakarta-Pontianak yang tadinya berharga sekitar Rp300-400 ribuan kini menjadi sekitar Rp800 ribuan.

Lalu petisi kedua berjudul ‘Turunkan Harga Tiket Pesawat Domestik Indonesia’ yang dimulai oleh Iskandar Zulkarnain ditulis berdasarkan pengalamannya melihat mahalnya harga tiket antar daerah kepulauan di Indonesia, yang notabene digalakkan menjadi destinasi wisata unggulan oleh pemerintah.

Hingga pukul 15.20 WIB, petisi itu sudah diteken oleh 72.217 orang. Pihak Kementerian Perhubungan yang namanya disebut dalam petisi juga belum memberikan tanggapan terkait hal ini.

Tak cuma ramai ditandatangi, petisi tersebut juga ramai dikomentari oleh netizen setelah cuplikan fotonya diunggah oleh akun @lambe_turah di Instagram.

Dan dari cuitan para netizen, tersebut bahwa kenaikan harga tiket bukan hanya dirasakan oleh kaum perantau Jakarta-Pontianak, namun juga perantau yang berkampung halaman di daerah lain di Indonesia.

“aslii mahal -.- ke papua 5jt biasanya cuma 2jtan,” tulis netizen bernama akun __dibuangsayang.

“Kmrin mudik ke makassar 2jt / org, yg biasa cmn 600rb-800rban,” tulis sarlasophia.

“Tiket mahal bagasi bayar pula,” tulis iiinnn97.

Selain itu ada yang menyoroti bahwa tiket penerbangan domestik di Indonesia lebih mahal daripada ke luar negeri.

“Setuju banget, tiket jkt kpg diatas 1,5jt, sdngkan tiket jkt singapore 500ribu,” tulis fatt_kehi.

“Tiket domestik lbh mahal drpd tiket ke LN, tiket jkt – bali lebih mahal drpd jkt – malaysia, fix liburan ke luar negeri. Pak mentri lg menggalakkan pariwisata luar negeri kayanya,” tulis no_freemeal.

Di samping keluhan, ada juga netizen yang merasa kalau kenaikan harga tiket pesawat masih dalam kewajaran, karena mahalnya harga tiket demi biaya perawatan kenyamanan dan keselamatan pesawat, termasuk biaya sekolah pilot beserta krunya.

“YA KALO GAK MAU MAHAL NAIK BECAK AJA SANA, DASAR MISQUEEN!” tulis royvputra.

“Naik tp mutu keamanan n playanan d perbaiki sih gpp yes,” tulis ayisandangsari.

Dikutip dari CNN pada Jumat (11/1), harga tiket penerbangan Jakarta-Pontianak dalam situs akomodasi memang tidak murah.

Di situs Traveloka, untuk kepergian tanggal 15 Januari 2019 dengan maskapai penerbangan Lion Air dan kepulangan tanggal 17 Januari 2019 dengan Sriwijaya, total harga tiket yang paling murah Rp2.024.600 per orang.(*)

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

1 Komentar