Panejam Dan Kutai kartanegara Resmi Jadi Ibu Kota Indonesia

0 Komentar

Newsline.id – Presiden Joko Widodo telah menunjuk daerah Panejam Paser Utara dan Kutai Kartanegara yang berada di Kalimantan Timur ini sebagai Ibu Kota Negara Indonesia.

“Ibu Kota baru ada di Penajaman Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara,” Kata Jokowi konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Jokowi menyebutkan memilih Kalimantan Timur sebagai ibukota negara yang baru, selain faktor luas lahan faktor geografis dan potensi bencana juga menjadi pertimbangan mantan Gubernur DKI tersebut.

“Kenapa di Kalimantan Timur? Pertama, risiko bencana minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan tanah longsor,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Pengumuman ibukota baru tersebut untuk melepaskan dominasi sebuah wilayah yang selama ini menjadi pusat bisnis dan pemerintahan, hingga mengakibatkan pulau jawa sangat padat.

Jokowi menyebutkan pemilihan Kalimantan Timur sebagai Ibu kota baru, disamping wilayahnya yang strategis, lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Indonesia.

“dukungan Infrastruktur yang lebih lengkap dan lahan yang akan dijadikan pusat ibukota mencapai 180 ribu hektare, “ucapnya.

Sebelumnya kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Bambang  Brodjonegoro menjelaskan untuk kawasan ibu kota baru luas lahan sekitar 40 ribu hektare, dan akan dikembangkan hingga 180 ribu.

Hingga luas lahan yang akan menjadi ibukota negara 3 kali lipat dari luas wilayah jakarta

“Luas lahan ibukota baru 3 kali lipat dari luas jakarta saat ini, dan untuk tahap awal dibutuhkan 40! Ribu hektare lahan dalam membangun pusat pemerintahan ibukota Baru,” Jelasnya.

Kepala Bappenas menambahkan perpindahan ASN dari eksekutif, legislatif, yudikatif yang saat ini berjumlah 1,5 juta orang yang akan ikut dipindahkan. 

Diketahui saat ini luas wilayah Penajam dan Kutai Kartanegara memiliki Luas   3.059.616 hektar, dengan rincian, Kabupaten Penajam Paser Utara seluas 3.333,06 kilometer persegi atau 333.306 hektar dan Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas 27.263,10 kilometer persegi atau 2.726.310 hektar. (***)

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar