Kini Status Erupsi Gunung Sinabung Jadi Siaga Level Tiga

0 Komentar

NEWSLINE.ID- Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.28 WIB mencapai ketinggian kolom abu hingga 7 Kilometer.

Informasi tersebut disampaikan langsung Pusat Vulcanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kementrian ESDM, berdasarkan data dari pos pengamatan Gunung Api Sinabung, seperti yang dilansir Akurat.co

Letusan dengan tinggi 7000 meter dan warna asap hitam. teramati awan panas letusan dengan jarak luncur 3500 meter mengarah ke Timur, Tenggara dan Selatan.

Letusan memicu gempa dengan durasi 557 detik. sementara luncuran abu panas terjadi sekitar 557 detik.

Dikatakan tremor terus menerus terjadi di ketinggian 2.460 meter diatas permukaan laut. “tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 8-110 mm, dominan 20 mm. terdengar suara gemuruh di pos sinabung ketika erupsi terjadi,” papar petugas pos pemantau gunung sinabung.

Sementara diketahui, status Gunung Sinabung saat ini telah diturunkan menjadi level III atau siaga. kendati demikian, masyarakat dan wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan altifitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Masyarakat juga dihimbau agar memakai masker bila keluar rumah jika terjadi huka. abu akibat erupsi Gunung Sinabung.

Pasca erupsi mengakibatkan beberapa desa terkenak dampak abu vulkanik. diantaranya Desa Perbaji, Desa Kutagunung, Desa Sukandebi, Desa Siambang, dan Desa Sukatepu. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar