Harga Kopra Merosot di Selayar Ketua Yayasan Sahabat Sampulo Angkat Bicara

0 Komentar
Ketua Yayasan Sahabat Sampulo, Yuriansah. ist

Ketua Yayasan Sahabat Sampulo, Yuriansah. ist

SELAYAR,NEWSLINE.ID- Merosotnya harga kopra belakangan ini menjadi hangat diperbincangkan khususnya di Sosial media.

Hal itu dikeluhkan oleh masyarakat yang merupakan daerah penghasil Kopra, tidak terkecuali Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bagaiamana tidak, Kopra merupakan salah satu komoditas utama di Kepulauan Selayar. Tidak sedikit masyarakat yang menggantungkan harapannya pada hasil bumi ini.

Selanjutnya, wacana tersebut menarik perhatian berbagai pihak termasuk para tokoh asal kepulauan Selayar untuk ikut memberi komentar.

Salah satunya datang dari Ketua Yayasan Sahabat Sampulo, Yuriansah. Pihaknya menyarankan Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan Perusahaan Daerah (Perusda).

Menurut dia, kehadiran perusahaan daerah dapat menjadi miniatur tersendiri dalam hal mengelola sumber daya alam yang dimiliki oleh daerah.

“Perusda itu harusnya dimanfaatkan dengan baik. Ia harus di suplai anggaran yang cukup agar dapat menyanggah hasil bumi,” ujar Yuriansah saat ditemui, Minggu 19 Mei.

Selain disuplai anggaran, lanjut pria kelahiran 12 Oktober ini, Perusda juga harus mampu membangun pubrik tersendiri atau menghadirkan industri pengolahan kelapa agar harga kopra bisa dipulihkan kembali. 

Dengan demikian, pengolahan kelapa tidak semata – mata bergantung pada kopra saja, misalnya bisa dijadikan sebagai santan alami khas Selayar dan lain sebagainya.

“Saya yakin jika keberadaan Perusda itu dimanfaatkan dan di kelola dengan baik, jangankan hasil bumi, Ferry saja bisa dikelola langsung oleh Perusda,” tuturnya.

“Tapi kuncinya ada pada pemimpin, artinya dia harus berani menciptakan terobosan baru di Selayar,” kuncinya.

Sekedar diketahui, anjloknya harga kopra tidak hanya terjadi di Kabupaten Kepualauan Selayar tapi hampir di seluruh Indonesia.

Hal itu menjadi perhatian serius bagi Koalisi Penghasil Kelapa (Kopek) Indonesia, Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk didalamnya.

Sebagaimana yang rilis humas Pemkab Kepulauan Selayar, dimana Bupati Basli Ali turut menghadiri temu nasional yang digagas oleh Kopek di Hotel Maxone Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Salah satu agenda penting dalam pembahasan temu nasional tersebut adalah persoalan turunnya harga kopra.

Penulis : riri
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar