HMPS Sasindo DEMA JBSI FBS UNM Bakal Gelar Pekan Sastra

0 Komentar

ilustrasi sastra

MAKASSAR, NEWSLINE.id — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia (Sasindo) Dewan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar, bakal menggelar Pekan Sastra III, yang berpusat di Lapangan Kampus UNM Gunung Sari, 16 – 21 Maret 2020.

Ketua Umum HMPS Sasindo Dema JBSI FBS UNM, Ayatullah Patullah mengatakan, Pekan Sastra III merupakan wadah apresiasi kesusastraan berbagai kalangan.

“Kami mengusung konsep pengembangan literasi, yang dikemas dalam bentuk pasar ide. Dalam kegiatannya, akan dihadirkan berbagai macam ide dan gagasan, sehingga pengunjung dapat “berbelanja” ide dan gagasan di lokasi,” katanya.

Pekan Sastra menghadirkan festival dengan beberapa jenis acara yang tergabung dalam satu konsep istimewa dan lain dari pekan sastra sebelumnya.

“Kami mencoba beda, karena berani beda itu luar biasa. Dan, teman-teman kepengurusan kali ini adalah orang-orang yang luar biasa,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia Pekan Sastra, Muh. Muchtasim, menambahkan Pekan Sastra III mengusung tema Dari Timur, Matahari Terbit. Tema tersebut menjelaskan bahwa semangat kesusatraan Timur khususnya Makassar. Dari timur, bukan sekadar batas wilayah, melainkan sebuah eksistensi dan identitas.

“Jauh sebelum Indonesia merdeka telah banyak epos dan kejayaan Timur yang masuk ke telinga kita dan marasuki sanubari. Bagaimana kejayaan bangsa Timur, menguasai Barat,” tuturnya

Matahari terbit adalah simbol kejayaan. Salah satu kejayaan kesusatraan yang lahir dari timur adalah Epos I La Galigo. “Dengan tema ini, pekan sastra berusaha menggerakkan dan mempertahankan dunia kesusatraan yang ada di timur, khususnya di Sulsel,” terangnya. (*)

Penulis : rilis
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar