Penumpang Sabuk Nusantara 85 Menyoal Fasilitas Kamar Mandi Yang Tidak Berfungsi

0 Komentar

Selayar, newsline.id Kehadiran KM Sabuk Nusantara 85 sebuah kesyukuran bagi Masyarakat Kepulauan Selayar. Pasalnya, Kapal Motor yang akrab disebut Pelni itu dianggap murah dan santai.

Kini Sabuk Nusantara 85 telah menjadi transportasi laut yang banyak diminati oleh Masyarakat Selayar khususnya di Kepulauan.

Hal itu terlihat berdasarkan pantauan kami, pada keberangkatan Minggu Pagi (29/09/2019), tampak banyak penumpang yang mengantri di loket pengambilan tiket. Tak hanya itu, deretan ranjang penumpang juga nyaris tidak ada yang kosong.

Adapun rute Pelni setelah bertolak dari Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar pagi tadi, yakni menuju Pelabuhan Jinato – Kayuadi, Jampea,  Bonerate dan Kauwau selanjutnya ke bagian NTT.

Namun demikian, berdasarkan fakta dilapangan, fasilitas yang tersedia di dalam Pelni ternyata masih jauh dari harapan penumpang. Lantaran beberapa fasilitas kamar mandi yang terlihat rusak dan tidak bisa difungsikan oleh penumpang.

Saat dimintai keterangan, seorang penumpang yang akan turun di Pelabuhan Kauwau, Syamsul Rizal membenarkan adanya kondisi tersebut. Pihaknya juga mengaku prihatin dengan kesedian fasilitas penting di atas kapal yang tidak bisa dimanfaatkan.

Bahkan Ia menduga pihak kapal terkesan melakukan pembiaran. Pasalnya, lanjut mantan aktivis Himpunan mahasiswa Islam cabang Gowa Raya ini bahwa sebelumnya kondisi yang sama juga masih dijumpai saat masuk di Kota Benteng beberapa waktu lalu.

“Waktu saya masuk ke Benteng lewat Pelni juga dan saya melihat kondisinya masih sama seperti ini, mungkin tidak ada perhatian khusus terhadap fasilitas yang ada,” beber Syamsul Rizal, Minggu 29 September 2019.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Bung Ichal sangat menyayangkan kondisi kamar mandi yang yang ssebagian tempat pembuangan air besar rusak dan kotor lantaran air yang tidak berfungsi maksimal.

Olehnya itu, pria asal Pasilambena ini berharap kedepan fasilitasnya dapat diperhatikan dengan baik demi kenyamanan penumpang khususnya persoalan kamar mandi dan ketersedian air.

Hal senda juga disampaikan oleh salah satu penumpang yang enggan disebutkan namanya.  Menurut dia, fasilitas Pelni dengan kondisi saat ini masih kurang nyaman.  Beberapa WC tidak berfungsi dan butuh diperbaiki segera. 

“Semoga kedepan bisa diperhatikan agar kita yang menumpang merasa nyaman dengan fasilitas yang ada,” ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar