MK Putuskan Ince Langke Tidak Jadi Pulang Kampung

0 Komentar


Selayar, newsline.id Rezeki memang tidak akan kemana. Adagium inilah yang tepat disematkan kepada sosok politisi senior asal Kabupaten Kepulauan Selayar, Ince Langke IA.

Pasalnya, nasib Ince Langke sebagai caleg terpilih sebelumnya disoal oleh rekan separtainya sendiri. Namun, perkara itu kini menuai titik terang.

Hal itu terlihat dari adanya pembacaan putusan Sengketa Pemilu Legislatif 2019, pada pukul 16.40 Wib, Rabu (7/08).

MK menyatakan menolak Gugatan perkara yang diajukan oleh Arfandi Idris Caleg DPRD Sulsel Dapil IV nomor urut 1 Partai Golkar.

Terkait informasi ini, Mantan Ketua DPRD Kepulauan Selayar, Ince Langke mengaku sudah mengetahui hasil putusan tersebut.

Pihaknya juga mengaku bersyukur karena hakim telah melindungi 9.957 suara yang memilihnya di Dapil Sulsel IV.

“Saya bersyukur karena Hakim MK telah memutus perkara ini dengan seadil – adilnya,” ujar Ince Langke.

“Putusan MK ini telah memberikan perlindungan hukum bagi suara rakyat yang telah memilih Partai Golkar yang menugaskan kami bertujuh di dapil,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, caleg terpilih Partai Golkar dapil Sulsel 4 yang meliputi Kabupaten Selayar, Bantaeng & Jeneponto ini digugat oleh rekan separtainya sendiri yakni Affandi Idris.

Dalam permohonannya, ada dua duduk perkara yang diajukan. Pertama, Ince Langke sudah dipecat sebagai anggota Golkar pada 20 Agustus 2010 berdasarkan Keputusan DPP Nomor: KEP-82/DPP/Golkar/VII/2010.

Keputusan DPP itu diperkuat dengan putusan MA Nomor 103/K/Pdt.Sus-Parpol/2013. Berdasarkan hal tersebut, maka Ince Langke dianggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi anggota DPRD Sulsel dari Partai Golkar. 

Perkara kedua, perolehan suara Ince Langke pada Pemilu 2019 diduga dipalsukan dan perubahan data hasil suara pada C1 yang sebanyak 2.697.

Untuk itu, Arfandy yang juga Ketua DPD Partai Golkar Bantaeng ini bermohon agar MK mendiskualifikasi caleg Ince Langke karena telah diberhentikan keanggotaannya dari Partai Golkar dan menetapkan pemohon sebagai caleg terpilih dari dapil IV.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar