Mengenal Kampung Muallaf Pinrang, Humanity Touring ACT Sulsel Sambangi Lokasi

0 Komentar
Kampung Muallaf

Humanity Touring ACT Sulsel menyambangi desa Muallaf yang terletak di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. (Ist)

PINRANG, NEWSLINE.ID- Adalah Dusun Makula Kelurahan Betteng Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang provinsi sulawesi selatan menjadi pemandangan mengharukan perjuangan sekira 200 KK mualaf selama kurang lebih 6 tahun terakhir.

Dengan sarana dan fasilitas serba terbatas, pemahaman agama yang begitu minim hingga lokasi yang acap kali terkena dampak bencana longsor, masyarakat yang rindu belajar Islam dengan baik bertahan dan memegang teguh keyakinan mereka bahkan meski nyawa sebagai taruhannya.

Beberapa waktu lalu, relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi selatan berkunjung kesana.

Dengan menggunakan sepeda motor, sebanyak 72 orang relawan MRI ACT bergerak dari berbagai daerah seperti Makassar, Takalar, Sinjai, Soppeng, Wajo, Pare-pare, Pinrang, Sidrap, dan Palopo menuju ke dusun tersebut lewat program HUMANITY TOURING #3 mengusung tema “Bangkitkan Islam Bangun Peradaban”.

Tak sekadar berkunjung, para relawan juga membawa bantuan dari berbagai pihak atau donatur seperti perlengkapan shalat, buku Iqra, Mushab Al Quran, Pakaian baru, makanan tahan lama, tikar, dan terpal.

“Ini adalah kali ketiga kami berkunjung kesana setelah mendapatkan banyak informasi dari warga setempat. Berharap bahwa ada yang bisa kami lakukan untuk mereka yang selama ini jauh di pelosok seperti di dusun Makula ini,” jelas Miftahul Jannah selaku koordinator tim touring dan ketua MRI korda Pinrang.

“Kasihan masyarakat disini, mereka sangat minim pengetahuan tentang agamanya, bahkan masih ada yang belum tahu tentang jumlah rakaat shalat, berwudhu hingga mengurus jenazah dengan cara Islam,” pungkasnya.

Selain itu, secara bergilir tim ACT MRI akan menetap secara berkala dan bergantian setiap korda untuk mengajar dan membimbing warga dan anak-anak mualaf yang memang sangat butuh bimbingan.

Penulis : Taupan
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar