LIRA Selayar Apresiasi Langkah Cepat Polda Sulsel Sikapi Sengketa Tanah Nane

0 Komentar



Selayar,  newsline.id Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Selayar apresiasi langkah Polda Sulsel dalam menyikapi persoalan sengketa tanah di Kepulauan Selayar.

Hal itu disampaikan langsung oleh Bupati LIRA Selayar, Ahmad Zulkarnaen, dimana sebelumnya pihaknya mencium ada oknum yang main mata dalam proses penyelesaian sengketa tanah berlokasi di Nane, Dusun Timur, Desa Polassi, Kecamatan Bontosikuyu.

Pasalnya, Deng Zul sapaan akrab menantu dari pemilik tanah kurang lebih 10 Hektare tersebut mengurai bahwa sebelumnya tanah milik Ahmad Risma (Alm) ini pernah diclaim oleh pihak lain sekitar bulan April lalu.

Atas pengklaiman tersebut sehingga ia melaporkannya ke Polres Kepulauan Selayar atas dugaan pemalsuan dokumen.

“Jadi tanah kurang lebih 10 Hektare ini memang sempat bersengketa tapi sudah selesai, pihak terlapor juga sudah mengakui bahwa tanah tersebut bukan miliknya bahkan mengakui telah memalsukan dokumennya dan itu sudah ada kesepakatan bersama sebelumya,” ungkap Bupati LIRA, Ahmad Zulkarnaen saat ditemui di warkop Sami, Minggu (4/8/2019) malam.

Selanjutnya, kata dia, Tim dari Polda Sulsel kemarin telah turun langsung untuk menyelesaikan persoalan sengketa tanah yang sebelumnya tidak menemukan titik terang sehingga pengurusan sertipikat kepemilikan atas tanah itu pun ikut terhambat.

“Alhamdulillah semuanya sudah clear, dan pihak yang mengclaim tanah itu sudah mencabut laporannya. Bahkan pemerintah setempat telah membatalkan keterangan kepemilikan yang ada di BPN yang sebelumnya dimohonkan oleh saudari Fatmawati dkk,” jelas Ahmad Zulkarnaen.

“Jadi atas nama pribadi maupun lembaga LIRA Selayar saya sangat apresiasi langkah cepat Polda Sulsel karena bisa turun langsung untuk menyelesaikan persoalan ini,” tambahnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap kepada BPN Selayar untuk segera menindaklanjuti proses penyelesaian sertipikat kepemilikan atas tanah milik almarhum mertuanya.

‘Karena tidak ada lagi alasan BPN Selayar untuk tidak segera menerbitkan sertipikatnya, sengketanya sudah clear dan persyaratan administrasinya juga sudah dilengkapi,” tutup Bupati LIRA Selayar, Ahmad Zulkarnaen.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar