Kapal Karam di Desa Karumpa, Pemiliknya Rugi Ratusan Juta

0 Komentar


Selayar, newsline.id — Nasib naas yang dialami oleh pemilik Kapal Motor (KM) Anwar Jaya, warga Desa Karumpa Barat, Kecamatan Pasilambena,  Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pasalnya, kapal bermuatan 15 Ton miliknya kini karam dan belum bisa diselamatkan di Dusun Karunia Timur, Desa Karumpa, Kamis (12/09/2019) pagi sekira pukul 10. Wita.

Akibat dihantam ombak terus menerus, semua muatan kapal sebesar 15 Ton itu tidak ada yang bisa diselamatkan. Termasuk 300 Karung Ubi Kayu kering dan muatan lainnya yang rencana akan dibawa ke Batuatas, Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan informasi yang kami himpunan, kapal tersebut sebelumnya berlabuh di dusun Karumpa Timur. Setelah muat, ABK rencana akan memindahkan kapal itu ke Pelabuhan Karumpa Barat.

Saat dikonfirmasi, Anwar selaku pemilik kapal mengaku tidak berada dilokasi kejadian. Namun pihaknya membenarkan adanya insiden tersebut.

Menurut dia, insiden itu diperkirakan sekitar pukul 10 pagi. Usai ABK memuat Ubi Kayu Kering di Karumpa Timur, rencana akan memindahkan kapalnya ke pelabuhan Karumpa Barat pada pagi tadi.

“Karena rencana besoknya mereka sudah mau berangkat ke Batuatas. Jadi kapal itu dipindahkan ke pelabuhan Karumpa Barat. Tapi pas diluar, tiba – tiba mesin rusak dan ombak juga kancang akhirnya karam,” ungkap Anwar.

Atas peristiwa itu, Anwar mengalami kerugian yang sangat drastis. Muatan Ubi Kayu Kering sebanyak 300 karung yang tidak bisa di selamatkan yant ditaksirnya sekitar 50 juta, belum kerusakan kapalnya yang ditaksir ratusan juta rupiah.

“Kalau saya hitung kerugiannya sampai 200 juta. Karena muatannya sekitar 50 juta, tambah kerugian kapal sekitar 150 juta,” ujarnya.

Olehnya itu, sebagai pemilik kapal, Anwar berharap ada perhatian khusus dari pemerintah atas kejadian tersebut.

“Saya selaku pemilik kapal memohon bantuan dari pemerintah daerah kab kep selayar untuk meringankan beban kami,” ujar Anwar.

Sekedar diketahui, tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut. Sebanyak 4 orang ABK bersama nakhodanya berhasil menyelamatkan diri kecuali kapal dan muatannya yang tidak bsa diselamatkan.

Sampai berita ini ditayangkan, Kapal Motor (KM) Anwar Jaya masih terombang ambing di depan Dusun Karumpa Timur, Desa Karumpa. Selain itu, papan kapal pun terlihat mulai mengangah akibat terus dihantam ombak.

Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar