Berikan Bantuan DAK Non Fisik BOP pada 234 Paud, Ini Pesan Suardi Saleh

0 Komentar
Bupati Barru, Suardi Saleh secara resmi membuka kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlangsung di Baruga Singkeru Ada'e, Sabtu (09/03/19).

Bupati Barru, Suardi Saleh secara resmi membuka kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlangsung di Baruga Singkeru Ada'e, Sabtu (09/03/19).

BARRU, NEWSLINE.ID- Bupati Barru, Suardi Saleh secara resmi membuka kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlangsung di Baruga Singkeru Ada’e, Sabtu (09/03/19).

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khsusnya dibidang Pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini yang adil dan berkualitas.

Untuk mewujudkannya, Pemkab Barru mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD.

Kadis Pendidikan, Abustan melaporkan kepada Bupati Barru, bahwa sebanyak 234 lembaga  dengan jumlah peserta didik 6.135 orang yang terdiri dari TK, KB, SPS dan TPA.

Kadis Pendidikan, Abustan. (Istimewa)

Penerima sasaran dapat memanfaatkan bantuan DAK Non Fisik ini dengan memperhatikan PERMENDIKBUD RI Nomor 4  Tahun 2019.

Menurutnya, dimulai dengan perencanaan, pengelolaan, pertangungjawaban, dan pelaporan serta akuntabilitias agar tepat sasaran, tepat waktu, tepat guna, transparan sesuai dengan ketentuan peraturan perundanga-undangan.

Bantuan DAK Non Fisik BOP PAUD dalam kurung 3 tahun terkahir ke Pemkab Barru mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Pada tahun 2017 sebesar 3,51 miliar, 2018 sebesar 3,56 miliar, kemudian tahun ini 2019 meningkat menjadi 3,68 miliar.

Dengan demikian Pemerintah Daerah (Pemda) secara serius menyiapkan SDM di Kabupaten Barru yang di mulia sejak anak masih berusia dini.

kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berlangsung di Baruga Singkeru Ada’e, Sabtu (09/03/19). (Istimewa)

Dalam sambutanya, Suardi Saleh berharap agar Kepala Sekolah, Penyelenggara, Guru PAUD melakukan pembinaan kepada peserta didik melalui pemberian rangsangan pendidikan.

Menurutnya, hal itu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak usia dini khususnya di Kabupaten Barru menjadi sehat, cerdas dan ceria.

“Terkait dengan DAK Non Fisik BOP PAUD ini sekali lagi saya berharap agar pemanfaatan DAK Non Fisik BOP PAUD tepat sasaran serta teransfaran, tepat waktu serta terhindar dari penyimpangan,” tutur Suardi Saleh.

Penulis : Satri
Tulisan ini berasal dari redaksi newsline.id

0 Komentar